Pages

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman



Halo Sobat IT, pada artikel ini kami akan membahas tentang "Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman", mulai dari pengertian perangkat lunak bahasa pemrograman hingga cara menginstall perangkat lunak bahasa pemrograman menggunakan software Borland C++ yang biasanya digunakan dalam praktik pemrograman dasar.


Pengertian dari bahasa pemrograman


Bahasa pemrograman, juga sering diistilahkan dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer agar mengerjakan apa yang diperintahkan oleh seorang pemrogram. Bahasa pemrograman ini juga merupakan suatu himpunan dari aturan-aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer yang akan melakukan perintah pemrogram. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer dan bagaimana proses dalam pengolahan data tersebut, dan bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan jenis langkah-langkah apa saya yang secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Fungsi bahasa pemrograman komputer yaitu untuk memerintah komputer agar mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan sebelumnya. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.


Pengertian dari perangkat lunak bahasa pemrograman


Perangkat lunak bahasa pemrograman atau lebih terkenal dengan nama language software merupakan suatu program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (machine languange), sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh komputer dan komputer dapat melakukan perintah tersebut. Apabila languange software tidak tersedia, maka pembuat program harus menulis programnya langsung dengan bahasa mesin yang berbentuk bilangan-bilangan binary. Suatu instruksi program yang ditulis dalam bahasa mesin dapat berbentuk seperti 000100110010. Tanpa mengetahui arti tertentu dari masing-masing bagian dari bilangan binary tersebut secara persis (karena hanya komputer yang mengerti bahasa mesin tersebut), maka akan sangat sulit untuk mengerti dengan benar maksud dari instruksi tersebut oleh seorang manusia.

Instruksi yang berbentuk bilangan binary disebut atau dikenal dengan istilah object code. Sedangkan sekumpulan dari instruksi-instruksi yang membentuk suatu program dalam bahasa mesin yang telah dimengerti oleh komputer disebut dengan object program. Tiap-tiap instruksi object code terdiri dari operation code (op code) dan open and. Penulisan program dengan bahasa mesin (biasanya berbentuk binary) dirasakan terlalu sulit dan memakan banyak waktu, maka dikembangkan languange software sebagai alternatif penulisan program yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.


Jenis-jenis perangkat lunak yang biasa digunakan dalam bahasa pemrograman


Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal sekarang ini antara lain adalah Java, VB, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ribuan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya dan tujuan dari bahasa pemrograman komputer tersebut.

Namun,secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok yang dikenal oleh pemrograman, yaitu :
- Object Oriented Language (Visual Basic, VB.Net, Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
- High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
- Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
- Low Level Language (seperti bahasa Assembly)


Pengertian Borland C++


Bahasa C++ adalah bahasa komputer atau bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari bahasa C yang ditulis oleh Brian Kernighan dan Denies Ritchie. Bahasa C kemudian disempurnakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980 menjadi "C with classes" dan berganti menjadi C++ pada tahun 1983. Penyempurnaan atau pengembangan bahasa C menjadi C++ adalah penambahan Object Oriented Programming (OOP) yang bertujuan membantu membuat dan mengelola program yang besar dan kompleks.


Cara menginstalasi perangkat lunak Borland C++


Setelah download Aplikasi master Borland C ++ yang ber-extensi *.ZIP (bisa menggunakan google untuk link download-nya), klik 2x pada file tersebut dan pilih Exctract, seperti gambar di bawah ini:



Setelah selesai meng-extract file tersebut ke folder tujuan sekarang buka folder tersebut dan kita pilih file berekstensi .EXE (application) yaitu SETUP (biasanya icon file-nya berwarna) seperti gambar di bawah ini:



Langkah menginstalasinya yaitu:

1. Klik 2x file Setup untuk memulai instalasi



2. Pada langkah kedua, kita jumpai informasi mengenai lisensi perangkat lunak C++ yang akan kita install, langsung saja kita close jika tidak ingin membacanya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya




3. Pada langkah ketiga kita diminta untuk memilih konfigurasi instalasi, pilih saja Typical lalu klik “NEXT >”



4. Langkah keempat kita menentukan letak folder tempat kita menginstall Borland C++. Kemudian tekan “NEXT >”



5. Langkah kelima biasanya digunakan untuk menentukan letak Database Engine dari Borland kemudian tekan “NEXT >”



6. Pada langkah ke enam ini digunakan untuk menentukan dimana komponen dari Database diletakkan dan tekan “NEXT >”



7. Pada langkah ini berisi tentang instalasi sudah siap dilakukan dengan menggunakan space hardisk yang akan digunakan Borland C++, click “Install”.



8. Ini adalah tampilan gambar dari proses penginstalan Borland C++.



9. Setelah proses selesai ,akan muncul kotak dialog tentang catatan Release Borland C++ dan klick “Skip”.



10. Pada langkah ini kita sudah selesai menginstal



11. Pada langkah ini terdapat kotak dialog Online Registration,jika anda ingin mendaftar online pilih “Next > “ jika tidak klick “Skip”.



12. Instalasi berhasil, untuk menjalankannya dapat langsung melalui Start Windows

13. Tampilan editor dari perangkat lunak bahasa pemrograman C++ setelah berhasil di install




Semoga pembahasan tentang "Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman" dan cara installasi software Borland C++ dapat menambah ilmu sobat IT sekalian.