Pages

Perbedaan Antara Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, dan Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi





Halo sobat, terutama adik-adik SMP yang saat ini ingin meneruskan sekolah ke jenjang SMK, disini kami ingin memberikan informasi mengenai apa itu SMK dan jurusan-jurusan di SMK yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi agar tidak bingung dan tersesat ketika mendaftar jurusan apa yang diminati karena menurut kami (Admin adalah seorang guru komputer sih) jika salah memilih jurusan bisa berakibat terhadap ketekunan belajar dan kemauan mendalami ilmu dan jika tidak menyukai jurusan yang dipilih maka akan berakibat kepada kemalasan dan sekolah hanya sekedar datang duduk diam dan pulang.

Mari kita membahasnya.. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa perubahan yang sangat besar di hidup kita dan di dunia. Salah satu yang lagi trend adalah istilah Revolusi Industri 4.0 dimana pada jaman ini amat sangat dibutuhkan usaha-usaha yang membutuhkan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi, contohnya adalah perkembangan aplikasi handphone bersistem operasi Android, maka diperlukan banyak pekerja yang mempunyai keahlian di bidang ini, termasuk lulusan SMK dengan kualifikasi yang baik.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan tahun 2016 lulusan SMK TIK sekitar 277.545 sementara kebutuhan tenaga kerja adalah 327.813 orang, jika dilihat dari angka tersebut dipastikan lulusan SMK TIK bisa mendapat kerja dengan mudah karena kebutuhan tenaga kerja lebih besar dari lulusan SMK TIK yang ada. Oleh karena itu pemilihan jurusan di SMK TIK ini sangat berpengaruh terhadap masa depan yang akan dijalani.


Jurusan-jurusan di SMK yang berbasis Teknologi dan Komunikasi

Rekayasa Perangkat Lunak


Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau lebih ngetrend dengan istilah Software Engineering adalah bidang profesi yang memfokuskan tentang cara-cara pengembangan perangkat lunak (termasuk didalamnya membuat, memelihara, memanajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan memanajemen kualitas perangkat lunak yang telah dibuat).

Di SMK jurusan ini biasanya mempelajari tentang bahasa pemrograman, desain web, pengetahuan tentang undang-undang hak intelektual dan informasi teknologi dan elektronika. Contohnya yaitu:

Pemrograman dasar
Pemrograman dasar merupakan pelajaran dasar tentang pemrograman, mulai dari pengenalan variabel, logika dan alur program, hingga eksekusi kode program yang telah dibuat.

Pemrograman berorientasi objek
Pelajaran pemrograman berorientasi objek adalah pelajaran mengenai penulisan kode yang berorientasikan kepada objek, yaitu semua data dan fungsi yang ada di dalam kode program di tulis ke dalam kelas-kelas atau objek-objek yang mempunyai fungsinya masing-masing.

Pemrograman desktop
Pelajaran ini berisi tentang pemrograman yang berbasis visual (bisa di desain sesuai kebutuhan)

Web dinamis
Pada pelajaran ini biasanya tentang pembuatan website. Mulai dari kode-kode html, php, hingga cara mendesain website menggunakan editor pembuatan website (Dreamweaver), serta bagaimana suatu website terhubung dengan databasenya agar pengunjung dan website dapat berinteraksi.

Basis data
Basis data merupakan hal yang wajib dipelajari jika ingin membuat suatu aplikasi yang powerfull (termasuk juga sebuah website), karena basis data digunakan untuk penyimpanan data selama aplikasi itu digunakan. Pembelajari basis data juga tidak terlepas dari faktor keamanannya agar basis data tersebut tidak mudah diubah-ubah oleh seseorang yang tidak mempunyai hak akses terhadap basis data tersebut.

Pemodelan perangkat lunak 
Mata pelajaran ini memiliki fungsi yang sederhana tetapi mempunyai nilai yang besar untuk suatu aplikasi karena pemodelan merupakan hal yang pertama dilakukan ketika akan membuat aplikasi yaitu untuk mendesain aplikasi sebelum aplikasi itu dikerjakan.


Teknik Komputer dan Jaringan


Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu jurusan di SMK yang mempelajari tentang pemahaman terhadap komputer (baik software maupun hardware), mempelajari jaringan komputer (baik dengan kabel ataupun nirkabel), troubleshooting mengenai permasalahan komputer dan jaringan.

Pelajaran yang dipelajari di jurusan TKJ contohnya yaitu:

Perakitan komputer
Mata pelajaran ini biasanya tentang pengenalan hardware komputer, dan bagaimana cara merakitnya dari perangkat-perangkat yang terpisah sampai dirakit sehingga komputer itu hidup dan dapat digunakan (biasanya harus di install sistem operasi dahulu agar dapat digunakan sebagai sebuah komputer yang berfungsi untuk mengolah data).

Jaringan dasar
Jaringan dasar merupakan mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa TKJ, karena apabila untuk sebuah jaringan dasar saja tidak bisa maka dapat dipastikan pelajaran jaringan komputer lainnya dapat tertinggal. Biasanya pada mata pelajaran jaringan dasar mempelajari tentang topologi jaringan komputer, pengelompokan jenis-jenis jaringan komputer, pengenalan media-media jaringan komputer, dan bagaimana cara memasang/pengkabelan menggunakan kabel UTP dan konektor RJ 45.

Sistem operasi jaringan
Pada pelajaran sistem operasi jaringan komputer biasanya siswa mempelajari tentang sistem operasi linux yang dapat digunakan untuk sistem operasi jaringan. Dimulai dari cara installasi linux, hingga menginstall paket-paket software yang akan digunakan sebagai sebuah server komputer.

Administrasi server
Administrasi server biasanya mengacu kepada cara-cara mengelola server (dalam hal ini adalah sistem operasi linux yang digunakan), bagaimana cara setting server yang baik sehingga aman jika digunakan di dalam jaringan komputer.

Rancang bangun jaringan
Mata pelajaran ini berkaitan dengan membuat sebuah topologi lengkap tentang jaringan, dimana di dalam topologi tersebut sudah ada sebuah server sebagai penyedia layanan dan client yang menggunakan layanan di dalam jaringan, serta hardware lainnya yang digunakan dalam topologi tersebut sesuai dengan perancangannya.

Jaringan nirkabel
Mata pelajaran jaringan nirkabel biasanya mempelajari cara-cara membangun sebuah jaringan yang menggunakan media nirkabel (tanpa kabel), biasanya menggunakan access point dan wi-fi sebagai media koneksinya, dan bagaimana cara menghubungkan point to point sebuah jaringan menggunakan gelombang radio jarak jauh.


Multimedia


Multimedia (MM) merupakan jurusan di SMK yang mempelajari tentang desain grafis dan percetakan, pengembangan multimedia (baik cetak maupun digital), pengembangan permainan (biasanya membangun sebuah game berbasis 2D), hingga tentang produksi sinema dan perfilman menggunakan teknik audio video dan sering diadakan perlombaan tentang perfilman tingkat SMK.

Kira-kira pelajaran yang dipelajari di jurusan MM contohnya yaitu:

Desain grafis percetakan
Mata pelajaran ini biasanya mempelajari tentang teknik-teknik desain 2D contohnya pamflet, poster, ataupun banner, dan bagaimana cara mencetaknya semua ada di pelajaran ini.

Desain media interaktif 
Desain media interaktif biasa lebih sulit dipelajari jika siswa jarang berlatih dan praktik, karena desain media interaktif biasanya menggunakan media untuk berinteraksi dengan penggunanya, contohnya penggunaan animasi dalam pembuatannya.

Teknik animasi 2D dan 3D 
Mata pelajaran ini berisi tentang teknik-teknik dalam membuat animasi 2D dan 3D, mulai dari story board, aplikasi/software yang akan digunakan, hingga menggabungkan semua dari audio dan video sampai menjadi sebuah animasi yang menarik.

Teknik pengolahan audio dan video
Teknik pengolahan audio dan video biasanya mempelajari tentang pengolahan dan penggabungan audio dan video agar video yang dibuat oleh siswa lebih menarik dan mencapai apa yang ingin disampaikan oleh pembuat video tersebut.


Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi


Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi (SIJA) merupakan jurusan baru di SMK yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di buka pada tahun ajaran 2017/2018 dan di jurusan SIJA lama waktu pendidikannya selama 4 tahun (3 tahun pendidikan di sekolah dan 1 tahun pendidikan di industri). Materi di jurusan SIJA merupakan perkembangan dari teknologi IT terbaru atau bisa juga dibilang teknologi "jaman now"

Yang dipelajari di jurusan SIJA contohnya yaitu:

Infrastruktur komputasi awan
Mempelajari tentang pembangunan infrastruktur dan pengembangan pemanfaatan teknologi komputasi berbasis internet (awan) sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui internet.

Platform komputasi awan
Mata pelajaran ini biasanya mempelajari tentang layanan komputasi awan dalam menyediakan platform agar pelanggan dapat mengembangkan, menjalankan, dan mengelola aplikasi tanpa kompleksitas membangun dan memelihara infrastruktur yang biasanya terkait dengan pengembangan dan peluncuran aplikasi berbasis internet (awan)

Layanan komputasi awan
Pada mata pelajaran layanan komputasi awan biasanya siswa mempelajari tentang layanan-layanan apa saja yang akan digunakan dalam komputasi awan, sehingga setiap komputasi yang akan dilakukan dapat terhubung dengan baik dalam penggunaannya.

Sistem Internet of Things
Mata pelajarin ini mempelajari tentang bagaimana semua barang fisik dapat di monitor/dikendalikan dari jarak jauh menggunakan internet dan konsep ini akan sangat mendorong perkembangan big data dan penggunaan data center sehingga dapat di akses dari mana saja dengan syarat semua barang fisik terhubung ke internet.


Mungkin seperti itu gambaran untuk sobat, terutama untuk adik-adik SMP yang ingin meneruskan sekolah ke jenjang SMK dengan jurusan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi agar tidak salah memilih jurusan karena SMK merupakan hal mendasar untuk mencapai masa depan kalian masing-masing.

SMK Bisa!