Pages

Persiapan Perakitan Komputer



Persiapan Perakitan Komputer


Perangkat Input


Perangkat input komputer atau biasa dikenal dengan nama perangkat masukan (input devices) adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dan memberikan perintah kepada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut oleh seorang user. Beberapa perangkat masukan tersebut adalah:
a. Keyboard
b. Mouse
c. Touchpad
d. Light Pen
e. Joy Stick  dan Games Paddle
f. Barcode
g. Scanner
h. Camera Digital
i. Microphone


Perangkat Output


Perangkat output merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna dan biasanya merubah dari data digital menjadi data fisik. Beberapa perangkat output antara lain:
a. Monitor
b. Printer
c. Speaker
d. Proyektor
e. Plotter


Media Proses Komputer


Proses merupakan instruksi atau perintah dari seorang user yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data yang sedang di proses. Semua pemrosesan data (biasanya berbentuk digital) dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/Unit Pengolah Pusat).


Peralatan Perakitan Komputer 


Seorang teknisi seharusnya memiliki kotak peralatan yang memuat peralatan dasar, contoh peralatan itu adalah:
a. Multimeter Digital
b. Obeng berkepala rata
c. Obeng berkepala Phillip
d. Driver mur
e. Tang berhidung jarum 
f. Tang pemotong lurus atau diagonal 
g. Kaca untuk membantu melihat di tempat-tempat yang sempit 
h. Lampu senter


Perakitan Komputer 


Dalam perakitan sebuah komputer yang dilakukan oleh seorang teknisi harus diperlukan persiapan yang cukup, utamanya adalah peralatan yang digunakan serta software yang hendak dirakit ataupun diinstall sebelumnya harus dipersiapkan terlebih dahulu. Di bawah ini adalah contoh beberapa peralatan dan bahan yang harus disiapkan oleh seorang teknisi dalam merakit sebuah PC. Persiapan Bahan Secara garis besar komputer terdiri dari dua komponen, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Kedua komponen ini saling berhubungan, tanpa perangkat keras perangkat lunak tidak akan ada dan tanpa perangkat lunak perangkat keras hanya akan menjadi barang rongsokan. Ketika Anda ingin merakit sebuah komputer, maka perangkat keras yang harus ada terlebih dahulu. 

Perangkat keras diantaranya:
1. Casing dan Power Supply
2. Mainboard dengan buku petunjuknya 
3. Prosessor
4. Memory (RAM)
5. Video Graphic Adapter (jika di motherboard tidak ada)
6. Hard disk (HDD)
7. Floppy disk drive (FDD)
8. CD-ROM
9. Monitor
10. Keyboard 
11. Mouse
12. Kabel data HDD, FDD & CD-ROM
13. Kabel power ke Power Supply dan Monitor 

Setelah semua perangkat keras (hardware) sudah saling terhubung dan terpasang pada tempatnya selanjutnya diperlukan perangkat lunak untuk mengoperasikan perangkat keras tersebut.

Perangkat lunak diantaranya : Sistem operasi (Windows atau Linux), Driver Mainboard, VGA, Sound, dan lain-lainnya (agar sistem bisa mengenali perangkat yang terpasang), serta aplikasi yang ingin anda gunakan (Office, Multimedia, Editor, dan lain-lain).


Tindakan pencegahan di bawah ini untuk melindungi diri dari kecelakaan kerja dan kesalahan pemasangan hardware komputer sesuai dengan prosedur keamanan dasar, yaitu sebagai berikut:
  • Gunakan peralatan antistatik dan wrist strap yang telah di-ground-kan.
  • Gunakan tas antistatik untuk menyimpan dan memindah komponen komputer. Jangan meletakkan lebih dari satu komponen dalam satu tas, karena akan menyebabkan beberapa komponen patah atau lepas.
  • Jangan melepas atau memasang komponen sementara komputer masih menyala.
  • Arus listrik harus di ground.
  • Bekerja pada lantai tidak berpelapis, karena karpet akan menyebabkan muatan listrik statis.
  • Pegang kartu pada bagian tepinya untuk menghindarkan terpegangnya chip atau konektor tepi kartu ekspansi (expansion cards).
  • Jangan menyentuh chip atau papan tambahan dengan obeng yang bermagnet.
  • Matikan komputer sebelum memindahkannya. Ini akan melindungi hard drive saat komputer menyala.
  • Jauhkan CD dan disket instalasi/pemeliharaan dari medan magnet, panas, dan dingin. Jangan meletakkan papan sirkuit apapun pada permukaan konduktif, terutama pada lapisan (foil) logam. Baterai Lithium dan Nickel Cadmium (Ni-Cad) yang digunakan pada mainboard mungkin dapat dilepaskan (short out) demi keamanan bekerja.
  • Jangan menggunakan pensil atau alat-alat dengan ujung metal untuk mengubah sakelar DIP atau menyentuh komponen-komponen. Grafit pada pensil merupakan konduktif dan mudah menyebabkan kerusakan.
  • Jangan izinkan siapapun yang tidak ter-ground-kan dengan baik menyentuh atau memberikan komponen-komponen komputer.