Pages

Jaringan Komputer



Biasanya kita sering mendengar istilah tentang LAN atau WAN, tapi apakah kita tahu kalau mereka adalah sebuah jaringan komputer? Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pengertian jaringan komputer, sejarah, dan jenis-jenis jaringan komputer.

Jaringan Komputer


Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer/laptop yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi (kabel atau nirkabel) sehingga dapat saling berbagi data, informasi, aplikasi, hingga berbagi perangkat keras komputer (biasanya adalah printer). Istilah jaringan komputer dapat juga diartikan sebagai kumpulan dari sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer/laptop atau lebih yang saling terhubung melalui suatu media. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi atau data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat sehingga dapat digunakan secara bersama-sama. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah baik secara data ataupun percakapan. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client dan server sehingga diperoleh suatu data yang relevan dan akurat.


Sejarah Singkat Jaringan Komputer
Sejarah pertama jaringan komputer pada awalnya bermula dari lahirnya sebuah konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang pertama kali digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin oleh profesor Howard Aiken. Pada awal permulaannya proyek tersebut hanya ingin memanfaatkan kegunaan dari sebuah perangkat komputer yang harus dipakai secara bersama-sama dalam mengerjakan sesuatu. Untuk mengerjakan beberapa proses perhitungan/komputasi tanpa banyak membuang waktu maka dibuatlah proses beruntun (Batch Processing) dalam penerapannya, sehingga beberapa program aplikasi bisa dijalankan sekaligus dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian yang terstruktur. Kemudian sekitar pada tahun 1950-an ketika jenis-jenis komputer mulai berkembang dengan cepatnya sampai terciptalah sebuah super komputer, maka sebuah komputer harus dapat melayani beberapa tempat sekaligus yang tersedia (atau biasa dikenal dengan terminal), untuk itu maka ditemukanlah konsep distribusi proses berdasarkan atas waktu yang dikenal dengan nama istilah TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya terlihatlah bentuk jaringan (network) komputer yang dapat diaplikasikan secara nyata. Pada sistem jaringan berbasis TSS beberapa terminal terhubung secara seri (berurut) ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer melalui media yang sama. Dalam proses jaringan berbasis TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan perpaduan teknologi telekomunikasi yang pada awal mulanya hanya berkembang mandiri dan sendiri-sendiri yang hingga kita dapat kita rasakan dapat saling berkomunikasi.

Dalam membuat suatu jaringan komputer, perangkat switch dan perangkat router harus menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk dapat saling bertukar informasi dan untuk membawa data-data dari titik awal ke titik akhir yang diinginkan oleh user. Setiap titik-titik akhir (kadang disebut host) dalam sebuah jaringan komputer biasanya memiliki pengenal yang unik, dan sering kali alamat IP (Internet Protocol) atau alamat MAC Address (Media Access Control Address) yang akan digunakan untuk menunjukkan sebagai sumber transmisi atau tujuan transmisi. Endpoint jaringan komputer tersebut dapat mencakup komputer server, komputer pribadi (PC), telepon, dan berbagai jenis hardware jaringan lainnya yang saling terhubung.

Jaringan komputer pada jaman sekarang juga mungkin dibuat dengan menggunakan gabungan antara teknologi kabel dan teknologi wireless (nirkabel). Perangkat jaringan yang terhubung saling berkomunikasi melalui media transmisi kabel atau ataupun nirkabel (wireless). Untuk jaringan komunikasi data yang menggunakan kabel contohnya adalah optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga. Sementara itu, jalur jaringan komunikasi data yang menggunakan wireless termasuk jaringan komputer yang menggunakan koneksi nirkabel untuk menghubungkan titik awal dengan titik akhir. Titik akhir ini termasuk infra merah, radio siaran, radio seluler, microwave, dan satelit.

Jaringan biasanya terbagi menjadi private atau publik. Pada jaringan private biasanya memerlukan user untuk memasukkan kredensial untuk mengakses jaringan dikenal dengan istilah username dan password untuk mengaksesnya. Biasanya, ini diberikan dan dibuat secara manual oleh administrator jaringan atau diperoleh secara langsung oleh pengguna yang akan memakai melalui kata sandi atau dengan kredensial lainnya yang lazim digunakan. Jaringan publik seperti internet tidak membatasi akses tetapi ada beberapa protokol yang harus ditaati dalam pengunaannya.


Dua Jenis Jaringan Komputer Secara Mendasar
Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Untuk itu, berdasarkan fungsinya jaringan komputer dibedakan menjadi dua jenis:

1. Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

2. Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.


Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Di dalam jaringan komputer banyak sekali jenis jaringan komputer yang biasa digunakan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari jenis-jenis jaringan komputer yang mungkin sering lihat dan gunakan:


LAN (Local Area Network)
LAN merupakan suatu jaringan komputer yang menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek, contohnya sebuah jaringan di sebuah gedung kantor, sekolah, atau rumah dan biasanya jaringan tersebut hanya berisi satu LAN, meskipun kadang-kadang dalam satu gedung akan ada berisi beberapa LAN kecil (contohnya penggunaan LAN kecil di suatu ruangan kantor), dan kadang kala penggunaan LAN dapat menjangkau sekelompok bangunan di dekatnya (contohnya LAN antar gedung di sebuah sekolah). Di dalam sebuah jaringan komputer yang berbasis TCP/IP, LAN sering digunakan tetapi tidak selalu diimplementasikan sebagai subnet IP tunggal dalam penerapannya. Selain biasa beroperasi dalam ruang terbatas di dalam suatu wilayah kecil, LAN juga biasanya dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi (contohnya jika disekolah biasanya dikelola oleh operator sekolah). Mereka juga biasanya cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu yang mudah dan murah dalam installasi jaringannya, terutama Ethernet dan Token Ring dalam penerapan jaringannya. Ada juga beberapa implementasi LAN yang menggunakan teknologi jaringan nirkabel (wireless) dengan menggunakan Wi-Fi sebagai pusat dari jaringannya dan dikenal dengan istilah Wireless Local Area Network (WLAN).


MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di dalam kota atau sebuah lokasi regional yang sama. Jika jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak dapat untuk dibangun jaringan maka solusinya adalah menggunakan jaringan jenis MAN. Jaringan jenis MAN ini lebih besar dari jaringan jenis LAN tetapi lebih kecil dari jaringan jenis WAN. MAN menggunakan perangkat keras khusus dalam komunikasi datanya dan menggunakan kabel untuk membentuk dan menghubungkan LAN.


WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan komputer yang juga bisa dibilang sebagai kumpulan dari banyak LAN yang tersebar secara geografis di dalam suatu lingkup besar. Perangkat keras jaringan yang disebut router dapat menghubungkan banyak LAN ke dalam jaringan jenis WAN. Dalam jaringan penggunaan IP biasanya diatur oleh router untuk mendistribusikan dan menyimpan alamat LAN dan alamat WAN. WAN sangat berbeda dari LAN dalam beberapa hal penting termasuk topologi yang digunakan. Sebagian besar WAN (seperti Internet) tidak dimiliki oleh satu organisasi ataupun seorang administrator melainkan ada di bawah kepemilikan dan pengelolaan kolektif atau terdistribusi dalam penggunaannya. WAN biasanya lebih banyak menggunakan teknologi jaringan seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas dan komunikasi data jarak yang lebih jauh.


PAN (Pearson Area Network)
PAN hampir sama dengan jaringan jenis LAN. Pada jenis PAN biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil misalnya suatu jaringan di dalam sebuah ruang kantor atau suatu jaringan di dalam rumah yang biasanya hanya berjarak maksimal 10 meter. PAN biasanya digunakan untuk berbagi resources seperti printer.


CAN (Campus Area Network)
Jaringan jenis CAN hampir mirip dengan MAN, tetapi memiliki batasan dan hanya digunakan pada lingkungan universitas atau akademi. Jaringan CAN ini biasanya buat untuk kegiatan dunia pendidikan seperti ujian online, pendaftaran kelas, perubahan kelas, praktik lab, email, data mahasiswa, pemberitahuan dan pengumuman kampus, dan lain lain.


Internet
Internet adalah sebuah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia dimana setiap host saling terhubung. Internet dapat menghubungkan jutaan perangkat keras komputasi termasuk Handphone, PC, SmartTV, Laptop, Workstation, Server, Smartphone, tablet, TV, Webcam, CCTV dan masih banyak lagi lainnya selama perangkat keras tersebut memiliki Internet Protocol. Menurut informasi terakhir pada Januari 2018, di dunia ini terdapat 2.150 juta perangkat atau sistem yang terhubung dengan internet. Untuk menghubungkan semua perangkat ini, maka banyak sekali teknologi dan infrastruktur yang digunakan dalam konektivitasnya. Internet terbuka dan dapat digunakan untuk semua orang, karena siapa saja bisa terhubung ke internet apabila orang tersebut memiliki konektivitas perangkat yang tersedia, dan internet juga dianggap sebagai jaringan komputer yang paling tidak aman ketika digunakan karena koneksinya terhubung ke semua orang.


VPN (Virtual Private Network)
VPN adalah solusi dalam jaringan komputer ketika menyediakan koneksi internet yang aman. Contohnya adalah, sebuah kampus memiliki dua lokasi kantor yang berbeda; satu di Indonesia dan lainnya di Malaysia. Dalam hal ini kampus dapat menggunakan fasilitas dari VPN untuk menghubungkan kedua kantor tersebut dalam berkomunikasi dan berkirim data dan pada jaringan jenis VPN akan membuat jalur aman di internet secara langsung dan bisa digunakan untuk transmisi data.


Manfaat Jaringan Komputer
  1. Jaringan komputer dapat membantu seseorang dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah tanpa terkendala jarak dan waktu.
  2. Melalui penggunaan jaringan komputer, kita bisa melakukan proses komunikasi dan pengiriman data secara cepat dan efisien serta aman.
  3. Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan cepat dan sangat mudah melalui internet.
  4. Dengan jaringan komputer kita bisa mengakses file yang dimiliki jika kita menyimpannya di server internet dan sekaligus file orang lain apabila disebarluaskan melalui suatu jaringan baik secara private ataupun public melalui jaringan internet.